Search
Close this search box.

Keselamatan yang menyangkut kelautanan bagi IMO-ISM Code menyangkut 3 hal ialah: jiwa, lingkungan serta harta benda . Jiwa yaitu personel-personel yang ikut serta langsung atau tidak langsung dengan gerakan Marine. Lingkungan mencakup (terhitung tetapi tidak terbatas pada): penangkalan polusi gara-gara minyak, penangkalan gara-gara bahan-bahan riskan cair curah, penangkalan polusi bahan-bahan bahaya dalam kemasan, penangkalan polusi gara-gara kotoran orang, penangkalan polusi gara-gara sampah, penangkalan polusi udara, dan lain-lain. sementara itu harta benda antara lain: kapal serta perlengkapannya, muatan dan pelabuhan serta perlengkapannya.

Sepanjang aktivitas Marine berjalan , yang harus ikut berperan dalam keselamatan nya antara lain: IMO, Administration/Pemerintah negeri, Port State Control/Syahbandar, Biro kategorisasi, kapten kapal serta kru kapalnya, Terminal serta personelnya, dan pihak ketiga yang ada. IMO dengan menciptakan peraturan-peraturan & konvesi mengenai keamanan maritim. Administration/Pemerintah negeri, selaku negara bagian IMO pemerintah berperan menerapkan peraturan IMO dan menciptakan peraturan-peraturan nasional serta pengawasan dalam implementasinya, inspeksi, pengamatan serta sertifikasi, termasuk memberikan sangsi guna tiap-tiap pelanggaran. sementara itu Port State Control/ Syahbandar, adalah lembaga dari Administrasi selaku penyelenggara langsung dari suatu pelabuhan . Biro Klasifikasi yaitu perusahaan dengan menciptakan system management keselamatan, implementasi serta pengawasannya. kapten kapal serta awak kapalnya.

Tujuan Pelatihan Marine Safety Manajemen

Membekali wawasan serta pengertian pada partisipan antpanitia edukasi , mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan keselamatan dibidang kemaritiman, baik operasional, management ataupun legislasinya, supaya mampu menyiapkan dan bekerja dan juga melakukan tindakan dengan aman untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja dan menjauhi kerugian.

Materi Training Manajemen Keselamatan Kerja Marine

  1. Pengenalan ISM Code (International Safety Management Code)
  2. Legislasi: Peraturan IMO Guna Keselamatan di Laut seperti: SOLAS, ISM Code, STCW Code, Marpol, ISPS, dll
  3. Keselamatan dan Operasi Kapal
  4. Keselamatan dan Operasi Terminal
  5. Suitability of Ship and Terminal
  6. Penerimaan Kapal
  7. Operasi Pemanduan dan Penyandaran/Penambatan
  8. Operasi Pemuatan Muatan
  9. Management Bersama Kapal dan Terminal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *